BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan yang ada diera globalisasi memang sangat
pesat, bisa dilihat dari perkembangan teknologi yang ada. Hampir sebagian besar
kita melakukan presentasi, entah itu di
sekolah, dunia bisnis, lingkungan sosial, dan lain sebagainya. Umumnya
presentasi yang memikat adalah presentasi yang memadukan unsur visual. Salah
satu software yang paling tepat untuk membuat presentasi yang memikat secara
visual adalah Powerpoint yang saat ini sudah mencapai versi 2010.
Microsoft Power Point merupakan salah satu
aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah
banyak dikenal, ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada
dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu kita dalam
menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk
dapat menampung pokok-pokok pembicaraan atau point-point yang akan
disampaikan kepada pemirsa atau pendengar, dengan fasilitas animation,
suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Dengan begitu persentasi
yang dilakukan akan lebih menarik dan tidak terlalu monoton.
Karena hal itulah pada makalah ini kami akan membahas
tentang bagaimana caranya mendesign dan menampilkan power poin untuk membuat
presentasi yang dilakukan menjadi semakin menarik, menyenangkan dan efektif.
1.2
Rumusan
Masalah
1.
Apakah pengertian Ms. Powerpoint itu?
2.
Bagaimana cara membuat Ms Powerpoint ?
3.
Bagaimana cara mendesign Ms Power Point?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang
akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan
juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah
gagasan lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft
Power Point juga merupakan salah satu
program presentasi yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Aplikasi
Microsoft Power Point ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskin dan Dennis Austin
sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian
mereka ubah namanya menjadi Power Point.
Tampilan awal powerpoint
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0
dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala
itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan
grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian,
versi baru dari Power Point muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke
pasaran.
Microsoft pun mengakui sisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan
harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0)
muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian
standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office
System (kecuali Basic Edition).
2.2
Membuka Program Microsoft Power
Point
Untuk membuka program Microsoft Power Point langkahnya adalah sebagai
berikut:
1. Klik tombol Start,
2.
pilih All
Program,
3.
pilih
Microsoft Office,
4.
dan kemudian
klik Microsoft Power Point.[1]
Membuat Dokumen Baru, ada beberapa langkah untuk
membuat dokumen baru pada Microsoft Power Point yaitu:
- Klik Office Button > New
- Pada kotak dialog yang muncul, pilih > Blank dan Recent >Blank Presentation > lalu tekan tombol Create.

- Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar monitor anda.

- Anda bisa menambahkan beberapa teks layaknya sebuah judul laporan.

- Kemudian cobalah tambahkan slide kedua pada lembar kerja anda, pilih New Slide > Title dan Content.[2]

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam
menyimpan dokumen, antara lain:
- Klik logo atau tombol Microsoft Office yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Save as. Ms. Office Button>>Save As.
- Power Point Presentation, anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. Power Point 2007.
- Power Point Show, anda dapat menyimpan dokumennya yang anda buat di mana jika anda mengaktifkanny maka akan terbuka sebagai tampilan Slide Show saja.
- Power Point 97-2003 Presentation, menyimpan copy dari presentasi yang Anda buat dengan format yang dapat dibuka di Power Point 97-2003.
- Find Add-Ins for other file format, anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file format yang lain.
- Other Formats, membuka dialog box Save as, untuk memilih dari semua tipe file format yang tersebut atau memungkinkan.
Pilihan Title dan Content memungkinkan anda
memasukkan file gambar, klip media, clip art, tabel, chart dan smart ke dalam
slide. Anda juga dapat memilih berbagai opsi pilihan slide layout pada menu New
Slide. Kini selesailah dokumen sederhana dari side anda, anda bisa langsung
menyimpannya dengan menekan kombinasi Ctrl+S.[3]
Cara bekerja dengan menggunakan Microsoft Power Point.
1.
Untuk
memilih format tampilan (slide layout), klik kanan pada lembar kerja
presentasi lalu sorot layout dan tulis materi pesentasi.
2.
Melakukan
pengeditan teks dengan klik tab home lalu pilih pengeditan yang diinginkan
sepertia apa.
3.
Melakukan format
teks dengan klik tab format, lalu pilih format yang diinginkan.
4.
Untuk
mengubah format desain seperti tema tampilan, maka klik tab design pilih tema
yang diinginkan. Jika perpaduan warna tidak sesuai yang diinginkan, ubah dengan
klik icon colors dan pilih perpaduan warna yang diinginkan.
5.
Untuk
mengatur efek pemunculan slide
(transisi), klik tab Transisi lalu pilih transisi yang diinginkan. Dapat
juga menambahkan suara saat pemunculan slide, dengan klik icon sound lalu pilih
suara yang diinginkan.
6.
Jika ingin
memberikan animasi pada presentasi, klik terlebih dahulu teksbox yang ingin
diberi animasi lalu klik tab Animations dan pilih animasi yang diinginkan.
7.
Untuk
melihat tayangan slide, tekan tombol F5 pada keyboard atau klik tab slide show
lalu klik icon from beginning atau from current slide. Gunakan mouse untuk
menjalankan slide dengan mengklik untuk menampilkan setiap teks yang ada.[4]
2.3 Keunggulan Microsoft Office Power Point
1.
New Slide
Berupa project, artinya sebuah
proyek pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan
sejumlah file.
2.
Shapes
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia untuk dipakai dalam
membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran CAI.
3.
Fasilitas
untuk melakukan link dan antar slide pada menu powerpoint.
4.
Mengenal
fasilitas backsound atau rekaman audio
Fungsi dari
fasilitas ini yaitu mampu memanggil file-file yang sudah ada di dalam
harddisk computer atau notebook anda.
5.
Mengenal
fasilitas insert movie atau rekaman video
Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna
mempertajam penjelasan yang sedang
disampaikan oleh guru.
Setelah memahami cara bekerjanya powerpoint,
selanjutnya harus mampu membuat model pembelajaran CAI atau pembelajaran
multimedia interaktif. Beberapa syarat yang harus diperhatikan sebagai berikut:
1)
Pastikan
sudah memiliki flow chart dengan model tutorial atau model CAI lainnya
seperti drill, simulasi, atau permainan.
2)
Kemudian
harus sudah memiliki story board sesuai dengan bidang mata pelajaran
masing-masing.
3)
Pastikan
telah memiliki sebuah folder dengan MMI.
4)
Folder
tersebut harus berisi sejumlah file yang diperlukan yang akan mendukung proyek
pembelajaran.
5)
Pastikan ada
software pembangunan seperti: Macromedia Flash, Dreamwaver, Authoring,
Macromedia dan sejenisnya.
6)
Komputer atau
Notebook diinstal minimal dengan windows 2000, ME, XP, Vista ataupun windows 7.
7)
Pastikan
juga telah menginstal Microsoft office versi 98, 2000, 2003 ataupun 2007.
Microsoft PowerPoint sebetulnya dapat mengimpor
beberapa file audio, diantaranya file WAP dan MP3. Software yang
digunakan dalam pemrograman pembelajaran berbasis computer dapat dengan mudah
diperoleh melalui download pada situs-situs yang menawarkan software terbaru,
termasuk software pengelolah audio seperti audacity, software ini cukup ringan
dan cara menggunakannya setelah di unduh cukup di klik dua kali maka akan
keluar.
Untuk memanfaatkan software tersebut, sebelumnya
harus mempersiapkan naskah untuk rekaman. Untuk merekam suara terlebih dahulu
siapkan headset yang dilengkapi dengan mikrofon yang sudah dipasang pada
hetset atau bisa juga menggunakan mikrofon tersendiri yang kemudian dihubungkan
ke computer, di mana masing-masing jek di pasangkan sesuai dengan pasangannya.
Setelah di atur dengan benar maka dapat langsung melakukan perekaman. Ada dua hal penting ketika menyimpan file hasil rekaman; yaitu file nama dan nama file
sesuai dengan pasangan nama file slide power point yang sudah dimiliki.[5]
Setelah file power point yang telah jadi
disimpan dan ingin dicetak, berikut langkah-langkah untuk mencetak lembar
presentasi:
1.
Klik tombol
office, lalu klik print.
2.
Kotak dialog
“Print Settings” akan terbuka.
3.
Untuk
mencetak seluruh halaman presentasi, klik icon print lalu klik All.
4.
Untuk
mencetak slide yang dipilih, klik Current Slide.
5.
Jika ingin
mencetak pada slide tertentu, ketikkan slide yang ingin dicetak pada kolom
“Slide” klik icon Print.
2.4 Mendesign Microsoft Power Point
1. Pilih
tema
Dalam PowerPoint sudah ada tema bawaan yang bisa kita pilih. Kita mulai
saja dengan memakai tema yang ada. Kita akan memilih tema yang simpel tapi
elegan. Ada 3 hal yang akan kita sesuaikan dalam tema ini, yaitu desain,
warna, dan huruf. Caranya,
a.
klik tab Design >> klik panah ke bawah di
dalam kolom Themes >> pilih tema yang akan digunakan. Dalam
latihan ini kita pakai Slate.
b.
Untuk mengubah kombinasi warna, masih di tab Design
>> di kolom Variants pilih kombinasi warna yang ingin digunakan.
c.
Untuk mengubah kombinasi huruf, masih di tab Design
>> pada kolom Variants klik tanda panah paling bawah. Akan muncul
area baru yang berisi beberapa pilihan. Klik Fonts >> pilih huruf
yang ingin digunakan. Pada latihan ini kita memilih Arial Black-Arial.
Dengan
demikian tema pilihan kita sudah siap. Tema inilah yang akan kita gunakan pada
keseluruhan slide.
2.
Menambahkan
dan Memformat Teks
Untuk menambahkan dan memformat teks, kita dapat
melakukannya dengan cara sebagai berikut :

1.
Setelah slide terbuka, klik kotak yang tersedia dengan
tulisan “ Click to add title” untuk menulis judul presentasi dan ganti dengan
tulisan yang akan kita buat.
2.
Untuk memformat teks kita dapat lakukan dengan cara
blok teks terlebih dahulu, lalu format teksnya bisa kita ganti hurufnya, ukuran
hurufnya, ketebalan dan yang lain-lainnya.
3.
Selanjutnya pada kotak subtitlenya pun caranya sama
dengan dia atas.
Biasanya
dalam menulis file presentasi kita juga harus memformat paragraf, bullets,
numbering, dan spasi. Untuk memformatnya sama seperti kita memformat file di
Ms. Word.
3.
Menyisipkan
Clip Art dan Picture
Untuk menyisipkan Picture dan Clip Art kita dapat
menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
a)
Klik menu Insert > pilih Picture atau Clip Art
b)
Lalu pilih gambar yang kita inginkan, setelah itu atur
dan format gambarnya sesuai keinginan kita agar presentasi yang ditampilkan
akan semakin menarik
4.
Berkreasi
dengan timeline
Salah satu slide yang kadang hanya ditampilkan menggunakan list
adalah timeline perusahaan atau titik penting dalam perjalanan
perusahaan. Kita akan berkreasi memanfaatkan SmartArt yang ada dalam
PowerPoint. Caranya;
a.
klik tab Insert >> klik SmartArt
b.
Pada jendela baru SmartArt >> pilih Process
>> di kolom kanan pilih Basic Chevron Process >> Klik Ok
Saatnya mengatur tampilan.
a.
Klik gambar >> kemudian klik tab Design
b.
Klik Change Colors >> kemudian pilih
kombinasi warna yang ingin digunakan.
c.
Isi ke dalam bagian gambar masing-masing 2007, 2009,
2011, dan 2014.
d.
Atur tampilannya di >> tab Format
>> kolom Size. Set tingginya 2.5 cm dan panjang 29 cm. Setelah
itu, posisikan gambar di tengah.
e.
Tambahkan tulisan. Gunakan Text Box.
Andapun bisa
menambahkan latar dengan warna yang berbeda untuk tulisannya. Atur posisinya hingga tampak
seperti slide berikut.
5.
Memanfaatkan
diagram
Diagram
adalah representasi skematik terhadap sesuatu. Jadi pada dasarnya, informasi
apapun bisa kita tampilkan dalam slide menggunakan diagram. Dalam latihan ini
kita akan berlatih membuat service process. Misalnya proses servis kita
ada empat, yaitu research, copy, design, dan slide. Sebenarnya, dalam SmartArt
sudah tersedia banyak pilihan diagram. Tapi, kali ini kita akan berlatih
membuat diagram memanfaatkan Chart. Caranya,
1.
klik tab Insert
>> klik Chart
2.
Pada jendela Chart yang terbuka, klik Pie
>> kemudian sebelah kanan pilih chart yang berbentuk donat
3.
Kemudian klik Ok
Setelah itu,
saatnya mengubah nilai dari chart agar terbagi empat sama rata. Isi saja
masing-masing nilainya jadi 1. kemudian hapus keterangannya karena kita hanya membutuhkan
chartnya. Sekarang tambahkan dan atur teks yang kita perlukan. Caranya sama
seperti yang sebelumnya
6.
Gunakan foto
Kita pun dapat menggunakan foto
untuk membuat tampilan slide lebih menarik. Foto bisa berasal dari koleksi
pribadi, beli, atau memakai yang berlisensi CC0 (bebas dipakai tanpa atribut)
Caranya;
1.
klik tab Insert
>> klik Pictures
2.
Pada jendela baru yang terbuka silakan cari dan pilih
foto yang sesuai untuk digunakan. Klik foto >> klik Insert
3.
Atur posisi foto di ujung kiri slide. Kamudian
tambahkan segiempat yang menutupi sebagian foto
4.
Atur gradasi warna segiempat.
a.
Klik kanan pada foto >> pilih Format Shape
b.
Pada jendela baru yang muncul di kanan gambar >>
klik Fill & Line (paling kiri)
c.
Pilih Gradient Fill >> type Linear
d.
Atur Gradient Stops sedemikian rupa.
e.
Warna paling kiri atur Transparency ke 100%.
f.
masukkan teksnya.
6. Tambahkan
animasi
Pada dasarnya semua slide bisa ditambahkan animasi. Slide yang cocok
menggunakan animasi misalnya yang isinya berisi daftar. Kita bisa menampilkan
isinya satu per satu sesuai dengan pembicaraan kita. Caranya,
a.
klik Animations >> klik Animation Pane
b.
ambahkan animasi ke poin-poinnya. Untuk menambah
animasi, klik teks atau gambarnya.
c.
Kemudian, masih di tab Animasi >> pilih Fly
In
d.
Klik Effect Option >> pilih From Left
e.
Jadi, gambar akan masuk dari kiri. Start atur On
Click.
Setelah itu,
kita membuat animasi untuk teks di sebelahnya menggunakan Wipe.
1.
Klik Teks >> pada tab Animations
klik Wipe
2.
Klik Effect Option >> pilih From Left
3.
Atur Start menjadi After Previous
4.
Teks akan bergerak dari kiri secara otomatis setelah
animasi yang pertama selesai.
7.
Menambahkan File Sound (Musik) dan Video pada
Slide
Untuk menambahkan file Musik dan Video dapat dilakukan
dengan cara sebagai berikut :
1.
Pilih menu Insert
2.
Pilih dan klik Media Clips, klik Sound jika kita akan
menambahkan file musik, dan Movie jika akan menambahkan file Video.
3.
Cari file yang akan kita sisipkan lalu klik OK
4.
Selanjutnya powerpoint akan menampilkan pilihan untuk
menjalankan file secara otomatis maka pilih Automatically dan When Click bila
kita ingin menjalankan file ketika mouse kita klik.
5.
Kemudian masuk pada menu Option yang berada dibawah
Sound Tolls. Pada menu ini kita dapat mengatur volume file pada Slide Show
Volume, menyembunyikan file dengan Hide During Show jika kita ingin menampilkan
file berulang-ulang kita dapat memilih Loop Until Stopped, untuk memutar file
kita dapat memilih Preview.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Microsoft Power Point adalah
suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang
efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu
sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik dan jelas tujuannya jika
dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power Point juga merupakan salah satu program presentasi
yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Untuk membuka program Microsoft Power Point langkahnya adalah sebagai
berikut:
1.
Klik tombol Start,
2.
pilih All Program,
3.
pilih Microsoft Office,
4. dan kemudian
klik Microsoft Power Point.
Dalam Microsoft Power Point ada enam menu
program dalam Microsoft Power Point, yaitu sebagai berikut:
1.
Home 4.
Slide Show
2.
Insert 3.
Design
5.
Review 6.
View
3.2
Saran
Demikianlah
maklah yang dapat kami susun, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selebihnya
kritik dan saran yang membangun senantiasa kami harapkan dari para pembaca,
agar sempurnalah makalah yang kami susun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar