BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam kalangan pelajar, powerpoint
sudah dikenalkan ketika di bangku SMA. Powerponit basa digunakan untuk
mempresentasikan suatu materi baik ketika dalam peerjaan maupun dalam proses
pembelajaran. Dalam makalah ini penulis akan menerangkan lebih rinci lagi
penegertian dari powerpoint, kelebihan dan kekurangan powerpoint. PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi
yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat
disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi text, gambar dan grafik,
foto, suara, film atau video.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apakah yang
dimaksud dengan microsoft office powerpoint?
2.
Bagaimanakah
cara mengaktifkan powerponit?
3.
Apa sajakah
bagian- bagian dalam powerponit?
1.3
Tujuan
1.
Dapat
mengetahui pengertian microsoft office powerpoint
2.
Dapat mengetahui
cara menjalankan microsoft office powerpoint
3.
Dapat
mengetahui bagian- bagian dalam powerpoint
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Microsoft Office Powerpoint
Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer
untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi
kantoran mereka, Microsoft Office, Microsoft Power Point adalah software
untuk pembuatan presentasi. Jika Microsoft Word digunakan untuk mengolah kata
dan Microsoft Excel untuk mengolah angka maka PowerPoint digunakan untuk
mempresentasikan hasil akhirnya. PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan
dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi
atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi: text,
gambar dan grafik, foto, suara, film atau video. Microsoft PowerPoint adalah
paket program komputer untuk presentasi yang bekerja dibawah sistem operasi
Microsft windows dan Apple Macintosh. Fiturnya yang dinamis, minimalis, dan
desain tampilan artistik yang membuat Microsoft PowerPoint ini merupakan
software yang menjadi andalan dalam melakukan presentasi.
Namun, dalam sebuah program tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu
pula dalam Microsoft PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
a. Kelebihan dari Microsoft PowerPoint
1) Jendela PowerPoint dilengkapi dengan menu - menu dan
tombol - tombol toolbar yang memungkinkan para pengguna dapat mengoperasikannya
dengan mudah. Kelebihan ini ditunjang dengan fitur - fitur lain yang dibutuhkan
dalam sebuah aplikasi presentasi.
2) Menyediakan halam kerja berupa slide untuk mempermudah presentasi.
3) Dapat menggunakan gambar , animasi dan file video dan audio dalam membuat
slide persentase.
4) Dapat Menampilkan atau mengimpor nilai dari Word dan Excel.
5) Menyediakan Fasilitas agar lebih mudah membuat animasi atau menampilkan
efek.
6) Menyediakan berbagai desain tampilan yang cukup professional untuk bisa
diterapkan dengan mudah.
7) Menyediakan banyak template presentasi yang bisa digunakan, terutama yang
bersifat open source yang tersedia luas di internet.
b. Kekurangan Microsoft PowerPoint
Microsoft
Office PowerPoint ini hanya dapat dijalankan atau dioperasikan pada sistem
operasi Windows saja.
2.2 Menjalankan Microsoft PowerPoint
1) Membuka atau mengaktifkan Microsoft PowerPoint
Banyak cara menjalankan powerpoint, namun proses standarnya, sebagai
berikut:
Klik tombol Start > All Programs > Microsoft Offce > Microsoft
Office PowerPoint.
Berikut tampilan dokumen Microsoft PowerPoint
Berikut tampilan dokumen Microsoft PowerPoint 2016
2) Membuat File Baru
Sebelum melakukan pekerjaan di lembar kerja Microsoft PowerPoint, terlebih
dahulu kita membuat file baru dan memilih template yang sudah disediakan,
berikut langkah-langkahnya :
a. Klik tombbol tab File kemudian klik tombol New
b. Pilih Blank Presentation untuk lembar kerja presentasi kosong, atau
pilih salah satu template yang tersedia dengan cara klik dua kali.
3) Menambah Teks Pada Kotak Default Teks
Kotak default teks adalah kotak teks yang sudah disediakan oleh PowerPoint
pada lembar kerja. Untuk menambahkan teks, cukup klik pada bagian Click to
add title pada lembar kerja powerpoint, apabila sudah menulis teks klik
pada bagian luar.
4) Menambah Text Box
Jika merasa kurang kotak teks yang disediakaan pada jenis slide yang
digunakan, teman-teman dapat menggunakan Text Box seagai
pengganti kotak teks, berikut langkah-langkahnya :
1. Klik tombol tab ribbon Insert >
Text Box
2. Setelah itu buat sebuah kotak dilembar kerja, kemudian ketik text yang mau
dibuat.
2.3
Bagian- bagian
Microsoft PowerPoint
Dalam Microsoft PowerPoint terdapat bagian- bagian utama dalam
tampilan utama yang mendukung dalam pembuatan persentase, yaitu nampak seperti
pada gambar berikut:
Tampilan pada Microsoft PowerPoint 2007
Dari gambar di atas nampak beberapa fitur- fitur dalam Microsoft
PowerPoint, yaitu:
1.
Office Button, Office button fasilitas utama yang berisi pengatura dasar PowerPoint,
misalnya merubah warna halaman utama PowerPoint, jenis huruf, default lokasi
penyimpanan file, menambahkan menu tab (developer, dll).
- Tab Menu adalah Fitur-fitur yang terdiri dari menu File, home, insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, view.
a)
Home, Menu tab ini
berisi pengaturan dasar untuk halaman kerja PowerPoint dan bagian edit
(PowerPoint 2003) dialihkan ke menu Home, beberapa bagian menu Home:
- Copy
- Paste
- Cut
- Layout
- Jenis font
- Ukuran font
- Pengeturan huruf: Tebal, Miring, Garis bawah
- Pengaturan teks: Rata kanan-kiri, Rata kiri, rata kanan, dan rata tengah. dll
b)
Insert, Memasukkan
beberapa multimedia ke halaman kerja PowerPoint, misal: gambar, video, teks, style
teks, tabel, grafik, hiperlink
c)
Design, Rancangan
tampilan background PowerPoint
d)
Animation, Menampilkan
jenis-jenis animasi buat teks dan gambar. Ada empat jenis bentuk animasi:
Entranche, Emphasis, Exit, dan Motion Path
e)
Slide Show, berisi
beberapa tombol perintah untuk mengatur slide saat dijalankan.
f)
Review
g)
View
h)
Format, digunakan untuk
mengolah objek terpilih. Tab ini bersifat dinamis dan menyusaikan dengan format
yang di perlukan oleh objek yang sedang aktif.
i)
Hasil pengembangan
- Quick Access toolbar digunakan untuk menampilkan perintah secara cepat atau merupakan penampilan ikon cara cepat seperti shortcut. Cara menggunakannya dengan mengklik ikonnya. Dalam versi dasar terdapat tiga ikon yaitu save, undo, dan redo.
- Group Menu adalah fitur yang terdiri dari beberapa perintah yang fungsinya saling berkaitan sebagai contoh Group Menu Slides yang terdiri dari New Slide, Layout, Reset, Section.
Keterangan gambar di atas:
a)
Slide adalah kumpulan lembar kerja atau slide-slide yang digunakan
b)
Outline adalah tampilan detail dari isi Slide yang telah di buat,
c)
Halaman Kerja Power
Point adalah tempat dimana anda akan menulis, atau
memasukan gambar, suara, video dll yang dibutuhkan untuk persentase,
d)
Cutomize Status Bar adalah fasilitas untuk menamipilkan slide show atau hasil dari persentase
buatan anda, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan halaman kerja
power point.
5.
Ribbon adalah Kumpulan dari group menu. Menu ini dirancang mudah dalam menemukan
fitur dan perintah dengan kategori yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup
yang saling berkaitan satu sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam
membuat presentasi. Satu lagi fasilitas terbaru adalah dapat langsung melihat
perubahan huruf/obyek atas fitur yang ingin digunakan, sebelum menggunakannya.
1)
Ribbon Tab Home adalah menu yang paling pertama yang didalamnya terdapat 4 (empat) grup
tool dengan fungsinya masing-masing yaitu: Clipboard, Slides, Font,
Paragraph, Drawing dan Editing. Grup tool ini berfungsi;
a)
Clipboard, memungkinkan
Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
b)
Slide, didalamnya
terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
c)
Paragraph, didalamnya
terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and
numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
d)
Drawing, didalamnya
terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill,
Shape Outline, dan Shape Effects.
e)
Editing, didalamnya
terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
2) Ribbon Tab Insert bertujuan untuk
memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert terdiri dari
beberapa group tool, antara lain:
a)
Tables, perintah untuk
menambahkan table pada tampilan slide Anda.
b)
Images, untuk memasukan
gambar, clipt art, screenshot dan photoAlbum
c)
Illustrations,
didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart,
photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
d) Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide
e)
Text, memasukan teks
box, header dan footer, WordArt, Tanggal dan Jam, Penomoran slide, dan objek
dari luar aplikasi.
f)
Symbol, memasukan
simbol dan menulis rumus
g)
Media Clips, untuk
menambahkan file sound (suara) atau movie (film) dalam slide.
3) Ribbon Design berkaitan dengan
desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari beberapa tool group,
antara lain Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk
mendesain slide Anda. Berikut adalah penjelasannya :
a)
Page Setup,didalamnya
terdapat tombol untuk mengatur model dari slide, ukuran slide dan apakah model portrait
atau landscape.
b)
Themes, berkaitan
desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2010.
c)
Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak lebih hidup dan indah,
kita juga bisa mengatur, memasukan background secara mandiri disini.
4) Ribbon Tab Animations mengatur animasi
dalam presentasi. Melalui tab ini Anda bisa menambahkan berbagai macam
bentuk animasi pada slide Anda. Terdapat 4 tool group yang bisa Anda gunakan,
antara lain :
a)
Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat sementara hasil dari
animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
b)
Animations, Anda dapat
memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom
animations.
c)
Advanced animation,
tambahan animasi lebih lanjut
d)
Timing, untuk mengatur
durasi slide dan urutan.
5) Ribbon Slide Show mengatur bagaimana
slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk didalamnya misalnya dari slide
berapa yang akan pertama ditampilkan.Menu Slide Show terdiri dari beberapa tool
group, antara lain :
a)
Start Slide Show, untuk
menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from beginning)
atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan
Anda sendiri (custom slide show).
b)
Set Up, pada tool group
ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide
slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan
slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
c)
Monitors, Anda bisa
mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini.
6) Ribbon Review digunakan untuk mereview slide presentasi
sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool group pada
Ribbon Tab Review ini, antara lain : Proofing, digunakan untuk melakukan
pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide. Language, Comments, Anda
bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat dan Compare, untuk pengaturan
comment.
7) Ribbon View berkaitan
pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal ataukah Anda
memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara
lain:
a)
Presentation Views,
pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat.
Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide
show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan
desain yang Anda inginkan.
b)
Show/Hide, untuk
membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris (ruler)
dan garis bantu (gridlines).
c)
Zoom, Anda dapat
memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
d)
Color/Grayscale, Pada
bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color)
atau hitam putih (grayscale).
e)
Window, Anda manata
tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah
ke window lain.
8) Ribbon Transition berkaitan
pilihan-pilihan gerak slide yang mencakup preview, Transition to this slide,
dan Timing.
a)
Preview, pada bagian
ini kita bisa melihat tampilan slide saat dijalankan
b)
Transition to this
Slide, Transisi slide yang aktif.
c)
Timing, pengaturan
waktu gerak slide, apakah secara otomatis atau klik mause
9) Ribbon Format Shape Word Art saat kita membuat
objek maka akan muncul ribbon Format yang berhubungan dengan pengaturannya,
warna objek, Outline, Effek objek,posisi objek, ukuran dan seterusnya.
10) Ribbon Format Gambar saat kita membuat
objek gambar maka akan muncul ribbon format gambar yang berhubungan dengan
pengaturannya, Remove background berhubungan dengan pengaturan warna, lebih terang,
warna, dan effek artistik, Picture styles adalah style gambar, border, effek
dan layout, juga Arrange, berhubungan dengan posisi gambar dan Size, pengaturan
ukuran tinggi dan lebar gambar dan kroping.
11) Ribbon Design Table saat kita membuat
Tabel akan muncul ribbon Design, yang berhubungan dengan pengaturan, warna
tulisan dalam tabel, border, ataupun tebal tipisnya garis.
12) Ribbon Layout Table saat kita membuat
Tabel akan muncul ribbon Layout, yang berhubungan dengan pengaturan table, baris
dan kolom, pengabungan baris atau kolom, margin cell, lebar dan tinggi tabel
dan pengaturan posisi tabel.
13) Ribbon Layout Chart setelah kita membuat
Grafik atau Chart akan muncul ribbon Layout, yang berhubungan dengan pengaturan
chart tadi, Insert gambar, objek, dan text box, juga chart title/judul tabel,
legend, pengaturan background, dan seterusnya.
6.
Tab Ribbon, terdiri dari beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai perintah.
Masing-masing tab terdiri dari beberapa groups dan setiap groups terdiri dari
beberapa tombol perintah.
7.
Tombol Ribbon Option
& help, tombbol ribbon options digunakan untuk
menentukan tampilan ribbon yang akan digunakan, sedangkan tombbol help
digunakan untuk mencari tutorial cara pengguanaan Microsft Word 2016.
8.
Tombol Sign In, digunakan untuk melakukan integrasi dengan SkyDrive.
9.
Group, meruapakan isi dari tab ribbon yang dimana berisi beberapa tombol
perintah untuk mejalankan perintah tertentu.
10. Tombol Expand, digunakan untuk
memunculkan kotak dialog setiap group yang berisi berbagai fitur dan perintah.
11. Lembar kerja, tempat untuk mengetik
dan mengolah teks, serta menambahkan koten lainya seperti gambar, table,
grafik, dan lain-lain.
12. Outline, tampilan beberapa
lembar kerja.
13. Status Bar, meruapakan bagian
yang berisi informasi tetang halaman yang sedang aktif, seperti nomor urut
halaman dan jumlah halaman.
14. Tombol Notes & Comment, digunakan untuk
memunculkan kolom Notes dan Comment
15. Zoom Level, digunakan untuk
mengatur tampilan ukuran lembar kerja microsft word
16. View Mode, digunakan untuk
merubah tampilan lembar kerja Microsft Word
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Microsoft PowerPoint adalah paket program komputer untuk presentasi yang
bekerja dibawah sistem operasi Microsft windows dan Apple Macintosh. Fiturnya
yang dinamis, minimalis, dan desain tampilan artistik yang membuat Microsoft
PowerPoint ini merupakan software yang menjadi andalan dalam melakukan
presentasi. Namun, Microsoft PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari fitur yang dimiliki. Adapun bagian- bagian Microsoft
PowerPoint yaitu Title Bar, Tab File, Quick Access Toolbar, Tab Ribbon,
Tombol Ribbon Option & help, Group, dan
seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar